oleh

Solsel, 50 Kota, Sijunjung, Solok dan Sawahlunto Terbebas dari Corona

-News, Ranah-1.903 views

Limbago.id – Diantara 19 kota kabupaten, ada 5 kota/kabupaten tetap masih negatif Covid-19 diantaranya, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten 50 kota, Kabupaten Sijunjung, Kota Solok dan Kota Sawahlunto.

“Lima kota/kabupaten ini dilakukan pool test Covid-19 (tes dengan jumlah banyak) melalui metode polemik dari Laboratorium RK.Unand dan direkomendasikan dengan random 100 spesimen,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat konferensi pers bersama wartawan di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (4/5/2020).

Dikatakan Gubernur, dari hasil pool test sebenarnya lima kota/kabupaten ini hasilnya negatif, dan yang paling aman adalah Solok Selatan.

“Dari ODP, OTG termasuk pendatang sudah ditesting juga dengan pendekatan metode pool test ini, dan hasilnya negative,” sebutnya.

Dengan begitu, apakah Solsel mau lepas dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau tidak, besok Selasa (5/5/2020) akan diputuskan lewat rapat Vidcon dengan kabupaten Kota.

Sementara, kata Irwan, empat daerah lainnya memang tidak ada yang positif, namun daerah itu berada di kawasan perlintasan banyak orang tidak mungkin untuk tidak ikut menerapkan PSBB.

“Karena keempat daerah itu merupakan daerah perbatasan, perlintasan, dan banyak pergerakan, untuk mengawal dan mengisolasi daerah tersebut agak berat. Solok Selatan tidak begitu Karena kemaren jalan sempat putus,” ujarnya.

Selanjutnya, disampaikan Gubernur, seluruh Bupati dan Walikota di Provinsi Sumatera Barat semuanya berkeinginan untuk diperpanjang PSBB kedua ini, Pemprov hanya tinggal mensetujui untuk menentukan tanggalnya, apakah sampai tanggal 22 atau hingga 29 mei, besok Selasa, (5/5) akan disepakati melalui Vidcon dengan para Bupati dan Walikota se Sumatera Barat. 

Sumber: Binews.id

Komentar