oleh

Besok, Sumbar Laksanakan New Normal Selain Padang dan Mentawai

-News-402 views

Limbago.id – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan 16 Kabupaten kota di Sumbar esok siap laksanakan tatanan normal baru. Kelanjutan PSBB tahap tiga habis hari ini.

“Dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, 1 Bukittinggi sudah memulai tatanan normal baru produktif dan aman covid tanggal 1 Juni. 16 kota dan kabupaten besok 8 Juni juga telah siap untuk memasuki tatanan atau normal baru produktif dan aman covid,” ungkap Irwan kepada wartawan seusai rapat vidio conferene (vidcon) dengan bupati dan walikota se-Sumbar, Minggu (7/6/2020).

Meski demikian ada 2 daerah yang belum bisa menerapkan tatanan normal baru yakninya Padang dan Mentawai.

“Dua daerah masih pra pola hidup baru, Kota Padang, minta waktu untuk kesiapan 5 hari sampai tanggal 12 Juni. Mudah-mudahan siap memasuki tatanan hidup baru produktif dan aman Covid,” jelasnya.

Sedangkan Mentawai minta waktu sampai 20 juni. Jadi tanggal 21 bisa memasuki tatanan baru produktif aman Covid.

16 Kabupaten dan kota yang siap melaksanakan tatanan normal baru produktif aman Covid menjadikan PSBB tahap tiga sebagai persiapan new normal.

Irwan menyebutkan 16 kabupaten kota tersebut ialah, adalah Pesisir selatan, Kabupaten solok, kota solok, Sijunjung, Dharmasraya, Tanah datar, Payakumbuh, 50 Kota, Pasaman Barat, Pasaman Timur, kota Pariaman, Padang Pariaman, Sawahlunto, Padang Panjang, Agam.

Alasan 16 Kabupaten kota ini siap sesuai dengan WHO dan arahan pusat. “Setidaknya ada 3 poin besar, secara epitimologi, kesehatan, kesiapan masyarakat,” pungkasnya.
Sumber: Covesia.com

Komentar