oleh

Es Tebak, Minuman Khas Minang nan Melegenda

-News, Ragam-154 views

Limbago.id – Siapa bilang kuliner Ranah Minang hanya jago dalam urusan makanan pedas berbumbu nikmat. Minuman manis segar juga ada lo yang wajib kamu cicipi, salah satunya es tebak.

Es tebak adalah varian es campur dari Sumatra Barat. Yang dimaksud dengan istilah “tebak” adalah olahan dari tepung beras ketan yang dicampur dengan tepung sagu dan dimasak dengan air garam dan kapur sirih. Setelah matang, adonan tersebut dicetak tipis seperti cendol. Barulah pelengkap lainnya seperti sirup merah, susu kental manis, dan es batu serut ditambahkan.

Minuman segar dingin ini sudah menyebar hingga ke luar Sumbar, seperti Pekanbaru, Medan, Jakarta, dan lainnya . Bahkan, di bulan Ramadhan, minuman ini jadi favorit sajian berbuka.

Nama minuman ini diambil dari salah satu isian campuran di dalamnya. Tebak adalah cendol berwarna putih yang terbuat dari campuran tepung beras ketan dan tepung sagu. Meskipun mirip, tekstur tebak lebih keras ketimbang cendol. Karena berwarna putih, tebak kerap terlihat seperti serutan kelapa muda.

Selain tebak, juga dilengkapi cendol, kolang kaling, cincau, dan tape singkong, roti, agar-agar. Tak lupa serutan es ditumpuk di atasnya. Gundukan es serut itu disiram dengan kuah santan yang legit, sirup merah, dan susu kental manis. Rasanya mantap. Segar dan manis legit.

RESEP ES TEBAK
es tebak
Es segar yang jadi incaran di kala bulan Ramadhan. (foto: Instagram @ronaldmoren)
BAHAN TEBAK

175 gram tepung beras
25 gram tepung sagu
750 ml air
2 sendok teh air kapur sirih
1/2 sendok teh garam

BAHAN KUAH SANTAN

1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan, ikat simpul

BAHAN KOLANG KALING

350 gram kolang-kaling
75 ml air
1/4 sendok teh pewarna merah
80 gram gula pasir

BAHAN PELENGKAP

250 gram tape ketan hitam
250 gram cincau hitam, potong kotak
100 ml susu kental manis
100 ml sirup merah
700 gram es serut

CARA MEMBUAT

  1. CARA MEMBUAT TEBAK: aduk rata bahan tebak. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup.
  2. Tuang di atas saringan cendol. Tekan di atas wadah berisi air dingin. Sisihkan.
  3. Kuah santan, rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Angkat. Kolang-kaling, rebus air, pewarna merah, dan gula pasir sambil diaduk sampai larut. Tambahkan kolang – kaling. Diamkan sampai meresap.
  4. Sajikan bersama kuah santan, kolang-kaling, dan pelengkap untuk 7 porsi.

Disadur dari Berbagai Sumber

Komentar