oleh

Hebat! Bagikan Langsung Sembako ke Masyarakat, Jokowi Sebelum Blusukan Tak Umumkan Kehadirannya

Limbago.id – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menilai aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang secara langsung membagikan sembako kepada masyarakat merupakan bentuk kepedulian sosial.

Menurutnya, bantuan sosial berupa sembako tersebut adalah di luar program yang disiapkan pemerintah.

“Pak Jokowi memang secara kepribadian orang yang memiliki kepedulian sosial cukup tinggi. Dia (Jokowi) memang di luar berbagai bansos yang sudah disiapkan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (1/5/2020).

Hal tersebut dikatakan sekaligus merespons protes dari Kepala Desa Jalancagak Indra Zainal Alim kepada Presiden Jokowi.

Awalnya, Indra mengatakan kebijakan bantuan pemerintah pusat membingungkan.

Menurut Donny, cara Jokowi membagikan sembako langsung kepada masyarakat karena ingin mengetahui kondisi dan kesulitan masyarakat di lapangan.

“Ia (Presiden) sendiri ingin turun langsung untuk membagikan ke masyarakat sekaligus ingin mengetahui bagaimana kondisi di bawah tanpa harus mendengar laporan dari pembantu pembantunya. Nah caranya tentu saja banyak masukan, seperti kemarin (Minggu) di Bogor, di Sempur,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pembagian sembako oleh Kepala Negara pun tetap mengikuti protokol kesehatan. Sebab, Jokowi membagikan sembako pada malam hari secara mendadak.

“Pak Jokowi turun, itu kan malam dia tidak mengumumkan kehadirannya. Artinya tidak ada orang datang bergerombol, datang langsung malam tanpa pemberitahuan langsung mendatangi rumah-rumah bercakap-cakap sebentar tetap dengan menjaga jarak fisik. Jadi protokol tetap dipegang,” tukasnya.

Diektahui, Presiden Jokowi membagikan paket sembako kepada warga dengan mendatangi sejumlah rumah yang terdampak pandemi virus corona di daerah Sempur, Bogor pada Minggu (26/4/2020).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin mengatakan Jokowi membagikan paket sembako langsung ke rumah warga pada Minggu, 26 April lalu. Kata dia, ada tiga kepala keluarga (KK) yang menerima sembako langsung dari Jokowi.

“Itu Minggu malam dan datang langsung ke rumah penduduk. Ada tiga KK diserahkan langsung oleh presiden. Tapi warga sekitar juga diberi paket sembako,” ucap Bey melalui pesan singkat kepada wartawan, Rabu (29/4).
Sumber: wartaekonomi.co.id

Komentar