oleh

Kampus UMSB Padang Terbakar

-News, Ranah-86 views

Limbago.id – Gedung kampus di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang berlokasi di Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang terbakar, Kamis (30/4).

Kejadian tersebut tepat saat azan ashar berkumandang atau sekitar 15.36 WIB. Api dan asap yang membumbung tinggi terlihat dari arah kawasan Tabing, dan sekitarnya.

Informasi yang dihimpun Halopadang.id,  api membakar gedung pasca sarjana.

Belum diketahui adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut. Seperti diketahui, pada masa pandemik corona dan penerapan PSBB, mahasiswa ikut diliburkan atau belajar dari rumah.

Dilansir dari laman resmi UMSB, kampus tersebut merupakan perubahan bentuk dari gabungan (merger) beberapa Sekolah Tinggi Muhammadiyah yang mulai berdiri di Sumatera Barat pada Tahun 1955.

Penggabungan Sekolah Tinggi Muhammadiyah di Sumatera Barat, di antaranya adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Padang Panjang, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bukittinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Teknik (STIT) Muhammadiyah Bukittinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muhammadiyah Payakumbuh, dan Akademi Manajemen (AMA) Muhammadiyah Padang.

Cikal bakal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, resmi berdiri pada tanggal 18 November 1955, ditandai dengan diresmikannya Fakultas Falsafah dan Hukum di Padang Panjang oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah AR. Sutan Mansur. Rektor pertama adalah Dr. H. Ali Akbar dan sebagai Dekan adalah Drs. Danuhusodo, kemudian dilanjutkan oleh Mr. Ezidin. Fakultas, ini sekaligus menandai berdirinya Universitas Muhammadiyah pertama di Indonesia.

Sumber: Halopadang.id

Komentar